Cara Memasak Ayam Saus Mentega Paling Mudah Dijamin Lezat

Pasti sudah tidak heran dengan ayam, selain sangat lezat daging ayam juga bisa dijadikan berbagai macam olahan untuk makanan sehari-hari dirumah.

Bahkan ketika ada acara-acara penting selalu menggunakan ayam sebagai sajian untuk para tamu yang hadir. Tapi kita juga harus ingat jangan mengkonsumsi ayam berlebihan terlebih bagian kulit karna mengandung bnyak kolesterol.

Sedikit tips dari saya ketika membeli daging ayam dipasar pilih yang masih segar, bagaimana kita tau ayam yang segar atau tidak itu cukup mudah.

Pertama-tama pastikan darahnya berwarna masih merah segar, kemudian pada daging tidak berwarna pucat atau kebiruan serta tidak berbau menyengat dihidung. Pasti kalian berfikir kenapa tidak tanya langsung kepenjual, nah kalau kalian tau penjual dipasar pasti selalu bilang ayamnya bagus tapi tidak ada salahnya kita berhati-hati sedikit jangan mudah percaya lebih baik kita cek daging ayam yang akan kita beli.

Baiklah dalam pembuatan ayam saus mentega kali ini berbeda dan dijamin anti gagal dan pastinya akan nikmat.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang akan kita gunakan :

Bahan utama

- 1 ekor ayam ( potong kecil-kecil)
- 2 tangkai daun bawang
- 1 buah jeruk nipis (untuk mencuci ayam)
- minyak (untuk menggoreng ayam)

Bumbu ayam goreng

- kunyit secukupnya
- jahe secukupnya
- garam 1/2 sdm
- penyedap rasa 1/2 sdm (royko)

Bumbu saus mentega

- 5 siung bawang putih (cincang halus)
- mentega secukupnya
- 1 buah bawang bombay (potong-potong)
- gula putih 1/2 sdt
- garam 1/2 sdm
- penyedap rasa 1/2 sdt (royko)
- merica bubuk 1/2 sdt
- 5 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm saus tiram (saori)
- secukupnya air.

Cara membuatnya:

1). Cuci bersih ayam lalu kucuri dgn air jeruk nipis dan taburi garam,kunyit,jahe,penyedap rasa yang dihaluskan, aduk-aduk hingga ayam keset lalu diamkan 15 menit agar bumbu meresap.

2). Panaskan minyak goreng yang banyak campurkan 1 sdm mentega ke dlm minyak, goreng ayam hingga matang,angkat dan sisihkan.

3). Panaskan 3 sdm mentega,tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum,masukan kecap manis,saus tomat,saus tiram,merica dan garam dan penyedap rasa,aduk rata lalu masukan ayam,aduk rata hingga ayam terbalut bumbu.

4). Tuang air secukupnya,aduk rata dan tunggu mendidih dan air surut dan mengental,tes rasanya, jika sudah pas masukan daun bawang,aduk sebentar angkat dan sajikan.


Mudah bukan, resep ini bisa langsung dipraktekan dirumah semua bahan yang digunakan mudah sekali dicari dan terjangkau, jika dirasa ingin pedas bisa ditambahkan potongan cabe, kalau ingin diganti ikan gurame juga bisa sesuai selera kalian, selamat mencoba.

Tentang penulis

Hei! Saya seorang Web Designer, Graphic Designer, UI / UX Designer serta Content Creator.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!
Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.