Resep Masakan Ayam Bakar Plecing Khas Bali Super Lezat

Siapa sih yang tidak tahu plecing ayam khas bali. Bukan hanya rasanya yang mantap ternyata makanan satu ini banyak digemari juga.

Kali ini kita akan membuatnya berbeda karena ayamnya tidak kita goreng dan tidak kita rebus melainkan kita bakar terlebih dahulu, selain rasanya yang khas,ayam yang dibakar rasanya akan jauh lebih nikmat dan terasa seperti ayam kampung padahal ayam yang kita gunakan adalah ayam potong/broiler.

Selain itu juga ayam ini cocok sekali disantap menggunakan nasi panas dan krupuk serta lalapan ya jadi tidak perlu sayur lagi.

Sekarang kita siapkan bahannya terlebih dahulu, nah untuk membuat plecing ayam kita gunakan bagian dada ayam karena lebih berdaging.

Bahan utama :

- 1 kg ayam ( bagian dada)
- 1 buah jeruk nipis (untuk mencuci ayam)

Bumbu yang dihaluskan :

- 1/4 cabe merah
- 1 ons cabe rawit
- 2 siung bawang putih 
- 17 siung bawang merah
- terasi secukupnya ( sesuai selera)
- gula merah secukupnya
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdm royko ayam
- 1 buah jeruk sambel
- minyak goreng secukupnya
- air secukupnya

Cara membuatnya :

1). Potong ayam menjadi 6 bagian, cuci bersih menggunakan air jeruk nipis, tiriskan ayam hingga tak ada air yang menetes.

2). Panggang/bakar ayam diatas arang hingga berwarna kecoklatan pastikan tidak ada air yang keluar dari dalam daging ayam, bakar semua ayam hingga selesai.

3). Suir-suir semua ayam yang tadi kita bakar, kemudian diamkan.

4). Bakar terasi terlebih dahulu.

5). Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih jangan digoreng kering ya. Setelah itu haluskan menggunakan cobek tambahkan garam dan terasi.

6). Panaskan minyak 5 sdm lalu tumis kembali bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan gula dan royko aduk bumbu sebentar lalu masukan ayam suirnya tumis-tumis kembali beri sedikit air supaya bumbu lebih meresap diamkan sebentar.

7). Masukan jeruk sambel, cek rasa setelah itu matikan kompor, plecing ayam siap disantap.


Itulah cara mudah membuat makanan yang dijamin bikin kalian ketagihan, nah kalau diresep tadi saya menggunakan terasi tapi kalau tidak ada yang menggunakan terasi juga bisa ya, disini juga saya lebih banyak menggunakan bawang merah karena aroma dari bawang merah menambah cita rasa yang nikmat.

Sebaiknya gunakan cobek untuk menghaluskan ya supaya lebih khas rasanya dibandingkn menggunakan blender, demikian resep plecing ayam semoga bisa membantu para wanita untuk masak dirumah

Tentang penulis

Hei! Saya seorang Web Designer, Graphic Designer, UI / UX Designer serta Content Creator.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!
Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.