Resep Memasak Pepes Ikan Patin Khas Sunda

Hai bunda.. bunda bingung mau masak apa untuk keluarga dirumah.? Tidak perlu bingung ya bunda, karena saya disini akan membagikan resep masakan untuk bunda-bunda yang lagi rajin-rajinnya memasak untuk keluarga tercinta dirumah.

Untuk masakan yang saya akan buat kali ini adalah berbahan utama ikan patin, jelas kalian pasti sudah tidak asing dengan ikan yang satu ini. Bukan hanya daging ikannya yang lembut ternyata ikan patin juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang cukup melimpah. Ikan ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin k, kalsium, serta kolin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kali ini saya akan membagikan resep masakan serta cara membuat pepes ikan patin. Saya akan sedikit memberikan info serta cara mengolah ikan patin agar tidak berbau amis seperti judul diatas pepes ikan patin khas sunda ada juga pepes khas daerah-daerah lain selain sunda tapi kali ini saya akan membagikan resep pepes patin khas sunda.

Sebelum saya mulai, disini saya akan menjelaskan kenapa saya menggunakan jeruk nipis, perlu kalian tahu jeruk nipis ini bisa menetralisir bau amis pada ikan , dan lendir yg ada pada kulit ikan agar ikan tidak licin, dan saya juga tidak menggunakan belimbing saya menggantinnya dengan asam, tapi ini kembali lagi ke kalian bisa pakai belimbing atau asam, dan pepes kali ini tidak saya kukus melainkan langsung saya panggang agar pepesnya kering dan daging ikannya kenyal tidak berair.

Karena ikan patin adalah jenis ikan yang mengandung banyak air, tips untuk kalian sebaiknya saat membersihkan kepala ikan patin insang yang terdapat dikepala dibuang saja, agar saat dimakan terasa lebih enak. Baiklah sekarang kita mulai membuat pepes ikan patin khas sunda.

Sekarang Kita Siapkan Bahan-bahannya :

*Bahan utama:
- Ikan patin 1 kg
- Kemangi 1 ikat/sesuai selera
- Minyak goreng 8 sdm
- Daun pisang (untuk bungkus )
- Jeruk nipis (untuk mencuci ikan)

*Bumbu yang dihaluskan :
- Cabai merah 1/4
- Cabai kecil/rawit 1 ons
- Bawang putih 5 siung
- Bawang merah 6 siung
- Kemiri 7 butir
- Asam 1/2 sdt
- Garam 1/2 sdm
- Royko 1 bungkus kecil
- Kunyit secukupnya
- Jahe secukupnya
- Gula putih 2 sdm

Cara Membuatnya :

1). Pertama-tama potong ikan patin menjadi 2 bagian, disini saya menggunakan ikan patin yang 1 kg isi 2 ekor, untuk pemotongan sesuai selera kalian. Setelah dipotong cuci bersih menggunakan jeruk nipis yang kita potong jadi 3 bagian supaya lendir dan ikannya tidak berbau amis.

2). Sekarang kita haluskan bumbu yang tadi sudah kita siapkan seperti, Cabai merah ,Cabai kecil/rawit, Bawang putih, Bawang merah, Kemiri, Asam, Garam, Royko, Kunyit, Jahe, Gula. Setelah halus tuang 3 sdm minyak goreng kedalam bumbu.

3). Berikutnya, tuang bumbu yang kita haluskan tadi berserta daun kemangi kedalam tempat ikan, kemudian baluri ikan patin dengan bumbu yang sudah dihaluskan.

4). Setelah rata diamkan ikan selama 5-7 menit agar bumbu meresap kedalam daging ikannya.

5). Ikan yang sudah dibumbui dibungkus dengan daun pisang,setelah semua ikan terbungkus siapkan panggangan dan diluar daun diberi minyak goreng agar tidak lengket saat dipanggang.

6). Panggang pepes ikan selama 15 menit dengan api sedang.

7). Pepes ikan siap untuk dihidangkan.

Baiklah, itu tadi adalah cara membuat pepes ikan patin. Meskipun terlihat agak begitu sulit tapi jika dilakukan pasti mudah, untuk jenis ikannya bisa sesuai selera kalian bisa ikan mas, kembung, bandeng atau ikan dencis. Pepes patin ini sangatlah cocok disantap bersama sayur asem jadi bisa buat salah satu menu dirumah, selamat mencoba semoga resep yang saya berikan bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih

Tentang penulis

Hei! Saya seorang Web Designer, Graphic Designer, UI / UX Designer serta Content Creator.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!
Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.