Resep Tengkleng Kambing Yang Super Pedas

Hai semua, kali ini saya mau membagikan resep masakan yang super pedas tapi bikin nagih makannya. Pasti kalian udah pada mengenal makanan yang satu ini tengkleng kambing.

Tengkleng kambing ini adalah bagian tulangan kambing tapi bukan cuma tulang masih ada daging yang menempel dibagian tulangnya.

Makanan ini sangat nikmat banget buat dimakan bersama nasi hangat. Apalgi bagi kalian yang pencinta makan-makanan daging yang masih bertulang. Berikut bahan-bahan yang harus kita siapkan.

Bahan-bahan :

- 1/2 tulang kambing
- secukupnya air
- sepotong lengkuas geprek
- sepotong jahe geprek
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 3 batang kapulaga
- 3 batang cengkeh
- sepotong kecil pala geprek
- 2 cm kayu manis

Bumbu tumisnya :

- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt lada butiran
- 1 sdm ketumbar bubuk
- 3 buah kemiri
- sepotong jahe dan kunyit,
- sepotong lengkuas geprek
- 2 batang serai geprek
- 3 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 20 buah cabe rawit belah menjadi 2 bagian
- 2 buat tomat belah masing-masing 4 bagian
- 5 sdm kecap manis
- 1 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 1 sdt kaldu bubuk
- 5 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat :

1). Cuci bersih tengkleng kambing, kemudian rebus air hingga mendidih lalu masukan tulangan kambing rebus kembali hingga air kembali mendidih lalu angkat buang air rebusnan tiriskan tulangan.

2). Kemudian rebus kembali air bersama tulangan kambing. Masukkan Jahe, lengkuas, kapulaga, pala, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh rebus tulangan hingga lunak atau dirasa bagian daging yang menempel pada tulangan empuk.

3). Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, jahe, kunyit, dan garam.

4). Panaskan minyak lalu masukan bumbu yang dihaluskan berserta daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk tumis bumbu hingga harum dan matang kemudian masukkan gula pasir.

5). Masukan tengkleng kambing aduk-aduk lalu masukan kecap manis dan beri secukupnya air diamkan hingga bumbu benar- benar meresap.

6). Jika sudah mau matang masukkan irisan cabe dan tomat aduk-aduk sampai tomat dan cabe layu cek rasa terlebih dahulu. Tengkleng kambing siap disajikan.


Demikianlah resep tengkleng kambing yang saya bagikan semoga bisa menambah ilmu para wanita yang hobby masak dan buat pemula agar lebih rajin lagi belajar masaknya.

Untuk kalian yang tidak suka pedas takaran cabenya bisa kalian kurangi. Resep ini juga bisa untuk tulangan sapi atau tulangan ayam jadi tidak hanya untuk tulang kambing selamat mencoba terimakasih.

Tentang penulis

Hei! Saya seorang Web Designer, Graphic Designer, UI / UX Designer serta Content Creator.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!
Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.