Resep Tongseng Daging Kambing Tanpa Santan

Hai semua, kali ini saya akan membagikan resep masakan yang super lezat. Bahan utama yang saya gunakan adalah daging kambing pasti sudah tidak heran dengan olahna yang satu ini. Selain lezat daging kambing juga bagus untuk stamina tubuh kita.

Tetapi harus kalian tau, jangan mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Terutama bagi kalian yang memiliki hipertensi atau darah tinggi konsumsi secukupnya saja.

Tongseng kambing ini terkenal dijawa terutama didaerah yogyakarta banyak sekali penjual dipinggir jalan alun-alun yogyakarta yang menjualnya.

Kali ini saya akan membagikan resep tongseng yang tanpa santan. Tapi bagi kalian yang ingin menggunakan santan bisa hanya perlu diganti yang harusnya kita masukan air kita ganti dengan santan. Berikut yang harus kita siapkan.

Bahan-bahan :

- 1/2 kg daging kambing
- 2 buah jeruk nipis
- 1/4 bagian daun kol

Bumbu-bumbu :

- 1/2 ons cabe rawit
- 2 buah tomat
- 2 batang daun bawang dipotong-potong
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas
- 1 batang serai
- gula merah secukupnya
- kecap manis sesuai selera
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 bungkus lada bubuk (ladaku)
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 ruas jahe
- 3 buah kemiri
- 1 sdt garam
- 1 sdt penyedap (royko)
- air secukupnya

Cara membuat :

1). Potong daging kambing agak tipis cuci menggunakan air perasan jeruk nipis. Tiriskan hingga tidak ada lagi air.

2). Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, jahe, kemiri, kemudian geprek lengkuas dan serai. Kemudian potong-potong cabe rawit dan tomat.

3). Potong-otong daun kol sesuai selera jangan terlalu lembut.

4). Panaskan minyak tumis bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukan serai, lengkuas dan daun salam tumis bumbu hingga harum.

5). Masukan daging kambing aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata kedalam daging. Kemudian masukan gula merah, kecap manis, garam dan penyedap rasa beri air 1/2 gelas diamkan hingga bumbu meresap dan daging matang sempurna.

6). Jika dirasa daging sudang matang masukan potongan kol, daun bawang, cabe dan tomat aduk hingga kol layu cek rasa terlebih dahulu. Jika sudah matikan kompor tongseng daging kambing siap disajikan.


Pastikan kita membeli daging kambing tanpa campuran supaya tidak butuh waktu lama untuk memasaknya apalagi kalau kita memotongnya tipis-tipis akan lembih cepat matang. Diresep kali ini saya memasukan cabenya ditahap terakhir supaya lebih terasa pedasnya.

Untuk sayurannya bisa kalian tambahkan dengan wortel atau brokoli, makan dagingkan juga harus diimbangi dengan makan sayuran apalagi untuk anak-anak.

Demikian resep masakan dari saya semoga bisa berguna bagi kalian dirumah untuk mengkreasikan masakan kalian terimakasih.

Tentang penulis

Hei! Saya seorang Web Designer, Graphic Designer, UI / UX Designer serta Content Creator.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Pemblokir Iklan Terdeteksi!
Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.